senyum

senyum
senyuuuuuum - - - iya kamuuu - - - senyuuuuuum

Senin, 14 Januari 2013

Me and Thalasemia part 1

udah lama pengen posting soal ini, tapi gak pernah jadi terus

bismillah

Thalasemia

Dari umur 6 tahun aku tau, bahwa aku seorang thalassemia survivor, tapi gak ngerti apa itu thalasemia, yang aku tau badanku lebih pendek dibanding teman-teman sebayaku, yang aku tau kalau aku sakit entah demam atau sekedar flu/batuk ibuku selalu repot dan nampak sangat khawatir, padahal aku rasa biasa aja...

Aku memang lebih kecil dibanding teman-temanku bahkan adikku yang terpaut  2 tahun di bawahku, tapi aku rasa aku tak sakit apa-apa, aku memang bermasalah dengan nafsu makan, liat nasi bawaannya pengen numpahin (hahaha), tapi aku jadi ngerasa sakit kalau liat wajah ibuku yang khawatir setengah mati liat anaknya gak doyan makan atau saat aku demam gak turun2.

agak ge de an dikit, sekitar kelas 5 an lah, mulai paham dikit2 apa itu thalasemia, gara-garanya aku demam dan dokter suruh periksa Hb.

bu emang Hb tuh apa sih?
hemoglobin, sel darah merah kakak rendah, Hb nya kurang dari orang-orang normal yang lainnya
kalau yang normal Hb nya 12, kakak cuma 7, 8, atau kalau lagi sakit malah 6
oooohhh
kakak hebat lohhh, dengan Hb yang dibawah standar orang normal, kakak masih bisa aktivitas seperti biasa tanpa ngerasa pusing, lemes atau cape
iya ya bu, kalo orang normal Hbnya cuma 8 belum tentu mereka bisa kayak aku ya?
iya, kalo orang normal Hb cuma 8 atau 7 mereka udah lemas mungkin malah udah pingsan.
nah aku tetep bisa kayak mereka ya bu? haha keren nihhh
tapi kakak gak boleh terlalu cape, kalo terlalu cape nanti bisa sakit

dari situ mulai mikir, mulai ngerasa gak nyaman sebenernya, karena dalam beberapa hal aku dibedakan, seperti, aku gak pernah piket kelas selama SD, aku gak boleh ikut upacara hari-hari besar negara, dan yang pengen marah, waktu dilarang ikut paduan suara di SMP dengan alasan takut gak kuat ntar pingsan pas upacara, asli itu mah keseeeelllllll

pulang ke rumah, marah-marah
ibu sama ayah kenapa sih, harus bilang ke guru-guru kalau aku tu sakit, kalau aku tu beda sama yang lain
aku tu gak beda bu, yah,
aku bisa main kayak mereka
bahkan dalam hal akademis aku juara umum di sekolah, ngalahin ratusan orang temen2 yang katanya normal
sebenernya aku sakit apa sih?
sampe harus dibeda-bedain gitu
aku memang pendek, kecil, sering sakit, tapi aku kan gak pernah pingsan, gak pernah dirawat di rumah sakit, trus kenapa sih pada gitu?
aku gak mau tau pokonya aku pengen keterima di paduan suara sekolah, pengen belajar recorder, pengen ikut upacara di kecamatan.

saat itu aku gak peduli apa perasaan ibu dan ayah, sampai akhirnya mereka datengin rumah guru padus ku dan minta supaya aku diterima jadi padus, dan akhirnya aku malah dilesin gitar sekalian sama guru padusku

hahaha puas sih waktu itu, tapi tetep aja risih pas upacara di kecamatan selalu ditanya, kuat gak? mau minum gak? kalo gak kuat jangan maksain ya... syalalala syalalala yang gak aku dengerin

terbukti kan aku kuat dan gak pingsan, malah temenku yang katanya normal ada beberapa yang pingsan
huhhhh dasarrrr

masa-masa smp lumayan menyenangkan, karena aku hampir selalu juara umum di sekolah, cuma satu kali gak juara umum tapi rengking 2 di kelas, temen2 suka iseng ngejek dan manggil aku hey pendek, atau hey manusia planet, gak ngerti juga kenapa dipanggil manusia planet

tapi yang aku inget, waktu itu pelajaran fisika, aku bisa jawab pertanyaan guruku, eh temen laki2 dari belakang bilang, si ica itu manusia aneh, kelebihan cairan, hahaha kalo sekarang inget pengen ketawa sih, tapi pas dulu mah yang ada sebel sakit hati, tapi kemudian guru fisika ku bilang gini, eh kamuu yaa enak aja bilang si ica aneh, kamu yang aneh, gitu-gitu nilai si ica ini paling besar di smp ini, kamu yang normal aja bodoh

hahaha aseli waktu itu temen aku langsung diem gak ngomong2, trus ada yang nimpalin dari belakang, iya bu si ica itu jenius, kayak manusia planet, hahaha (mungkin maksudnya alien kali ya, dasar anak smp jaman dulu, alien jadi manusia planet)

sejak saat itu aku dipanggil si manusia planet, dan aku cuma senyumsenyum aja :D

bersambung ya...hihihi :)

2 komentar: