senyum

senyum
senyuuuuuum - - - iya kamuuu - - - senyuuuuuum

Minggu, 11 Juni 2017

Bakso enak di Ciamis

Mau lanjut bahas tempat makan enak di Ciamis.

Kalau kebetulan siang-siang mampir lewat ciamis bisa coba beberapa kuliner siang yang menurut saya mah enak :D

Ibu-ibu biasanya siang pengennya yang kuah seger pedes, gak cuma Tasik, Ciamis juga punya banyak tukang bakso yang enak.

Ada baso Simanalagi, kalau orang Ciamis bilang ini bakso toko, karena tempatnya bukan di warung bakso tapi lebih mirip restoran, apanya yang spesial? Mienya, mienya itu dibikin di dapur bukan mie kuning atau mie kering yang dari pasar, favorit mah yamin manis, mienya dipisah sama kuah dan baksonya. Enak deh baksonya kenyal bukan aci kuahnya pake irisan bawang daun wangiiiiii mau tambah toping juga bisa ada ceker, babat, atau sayap. Harganya? 12000-18000 rupiah per porsi. Ada beberapa cabang di Ciamis, ada di jalan RE Martadinata, ada juga di perempatan lampu merah mau ke pasar, atau di foodcourt Yogya Department Store.

Kalau mau tipe bakso yang pakai bihun tapi bukan bakso solo nah bakso H. Oding / bakso Aga cocoknya, rasa kuahnya khas, baksonya juga khas ada bakso daging sapi ada juga yang campuran ayam, bakso ini legend banget kata emak saya. Tempatnya tepat di jalan arah ke Bandung setelah alun-alun Ciamis. Harganya sih standar ciamis 12000-18000 rupiah tergantung toping. Di sini jus nya juga enak loh hihi.

Sebenernya ada lagi yang enak, tapi tempatnya terpencil hihihi, arah ke kecamatan Sadananya deket SMKN 2 Ciamis. Namanya bakso Kang Dani tempatnya warung biasa tapi ramaiiiiiii setiap hariiii, tipe baksonya mirip bakso Simanalagi tapi ini mah harganya lebih miring. 10000-15000 seporsi tergantung toping. Nah saya sih lebih sering ke sini :D

Kalau keukeuh pengen bakso Solo, di Ciamis juga banyak, beberapa yang menurut saya lumayan ada bakso Pesat yang di jalan lintas arah Banjar, dari alun-alun Ciamis sekitar 5km lah deket Ponpes Al Hasan. Atau ada juga bakso solo yang di Gayam samping Green Hotel, kuahnya ngegurih banget dan dikasi tetelan.

Belum puas sama bakso? Ada yang berkuah satu lagi nih yang lagi ngehits terkenal ada Lomie enak, tempatnya persis samping warung bakso Kang Dani. Rasanya? Hmm kuahnya kentel ngaldu gitu ada gurat-gurat telur kocok yang menyatu di kuah, mienya lumayan kan bikin sendiri, trus ada kangkung sama jamur coklatnya, enaknya dimakan lagi panas soalnya kalau udah dingin dan teraduk si kuahnya jadi encer. Lumayanlah kalau bosen bakso mah :D seporsi 15000 - 20000 rupiah.

Haha ini baru baksonya belum rumah makan ikan bakarnya.
Ciamis katanya terkenal sama ikannya yang enak dan gak bau lumpur, nyari ikan bakar di Ciamis mah gampangggg dan banyak pilihan. Hahay panjang nih, besok in sya allah kita bahas soal perikanan :D

#30DWCJilid6
#Day26
#masihKulinerCiamis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar