senyum

senyum
senyuuuuuum - - - iya kamuuu - - - senyuuuuuum

Minggu, 13 Januari 2019

Kulwap Manajemen Laktasi

Resume KULWAP
*Manajemen Laktasi*
Bersama : Miladiah Putri Handayani (Pengurus Komunitas Peduli ASI Banten)

By : WA Grup Arisan Buku Anak (ABA)

Moderator : Umma Umar
Notulensi : Umma Qinthar

Jumat, 9 Desember 2016

=========================
Materi :
Menyusui,  nampaknya mudah ya.  Udah kodrat wanita eh bukan mamalia untuk menyusui anaknya.  Tapi kenapa yang tampaknya mudah itu banyak yang menyerah?

Keterbatasan informasi yang benar tentang menyusui, ternyata menjadi faktor pendukung keberhasilan menyusui lho.  Bayi sudah dibekali naluri untuk bisa menyusu pada ibunya,  nah sebagai orang tua tugas kita hanya disuruh belajar bagaimana mengenali insting itu dan belajar tentang ilmu menyusui agar anak kita mendapatkan makanan terbaik dan sesuai untuk dirinya. 
Dukungan dari keluarga sekitar dan tenaga kesehatan juga mementukan bagaimana ibu memberikan ASI untuk buah hatinya lho.

Lalu apa saja yang perlu kita perhatikan saat menyusui bayi?
1. Pelekatan efektif
2. Posisi nyaman
3. Tanda kecukupan ASI
4. Tanda bayi lapar
5. Prinsip produksi ASI
6. Manajemen ASI utk ibu bekerja
——————————————————
Payudara udah kempes, ASIku dah habis ini,, anakku masih nangis,, berapa lama ya ngisi lagi?

Kalau ada yg  bertanya ini seperti itu, dalam benak saya langsung aja muncul gambar ini. (makanya disimpen disini biar gampang nyarinya)

Prinsip yang saya yakini saat dulu menyusui :
*MAKIN SERING BAYI DISUSUI, MAKIN CEPAT ASI DIPRODUKSI* 

Dulu saya mengira,  produksi ASI itu seperti refill atau isi ulang.  Ternyata nggak.  Payudara gak kenal istilah isi ulang.  Saat bayi mulai menghisap payudara alias nenen,  saat itu juga hormon prolaktin bekerja untuk membuat ASI. Persis seperti ilustrasi di bawah, gak pernah berhenti terisi itu si gentongnya ASI..  hehehe..
Ibu hanya perlu rasa nyaman dan rileks saat menyusui,  supaya hormon oksitosin yang kerjanya mengeluarkan ASI bs melaksanakan tugasnya dengan baik. Butuh booster hormon oksitosin?  gampaang,,  ajak aja istri belanja baju2 lucu buat si bayi,,  hehehe,,  langsung deh tuh ASI banjir ;)

Note :
Hormon prolaktin : membuat ASI
Hormon oksitosin : mengeluarkan ASI
prinsip yang harus dipegang oleh para busui dimana pun
________________________________
*TANYA JAWAB*😚

1⃣
*Pertanyaan*:
Adakah saran ga untuk bayi,dengan usia sudah mencapai 14m, apabila seperti sedang acrobat, ketika posisi tiduran, dia rukuk atau naik ke muka, kadang njot2an dikasur. Apakah menyusu seperti itu sama kwalitasnya dengan posisi sambil duduk?
Apalagi apabila gigi si bayi sudah tumbuh, dikhawatirkan posisi menyusu mempengaruhi produksi asi.

*Jawab*: 
untuk usia 1 th ke atas memang posisi tidak lagi menentukan prestasi,  suka2 dia pake posisi apa,  yg penting dia nyaman,  jumlah ASI akan mengikuti kebutuhan anak kok, kita gak bs bilang kurang atau lebih,  selama anak masih menyusu,  ya itu kebutuhan dia, krn tiap anak beda2,  asal pantau berat badannya,  makannya juga krn udah 1 thn

2⃣
*pertanyaan*:
apakah gigi anak yg cendrung di ksh ASI lbh cpt roges ketimbang anak sufor? Soalny di rmh ad 2 baby jarakny cuma beda 3 bln. Yg Asi giginy agak roges ketimbang anak sufor yg msh bgs.

*jawab*: 
malah kebalik ya? hehe,,  biasanya yg giginya nggak bgs itu yg pake dot dan sufor,  tp ada genetik juga yg di turunkan dr ortu,  cb ditanya dulu ortunya gt juga ato nggak? dan pengaruh makanan manis

3⃣
*pertanyaan*:
A. Apakah lecet pada puting itu salah satu akibat pelekatan yg tdk pas?
B. Utk ibu yg melahirkan scr SC, cara memberikan Asi ke bayi gimana ya diawal2 kehidupan si bayi? Soalnya si ibu jg masih susah bergerak sedangkan si bayi jg butuh Asi

*Jawab*:
a.  Iya,,  pelekatan yang kurang pas bikin bayi kurang dpt ASI maksimal,  dan payudara ibu jd lecet.
b.  menyusui banyak posisinya,  bs tiduran sambil miring,  atau duduk setengah berbaring, kuncinya IBU HARUS NYAMAN dulu,  cari posisi yg paling enak,,  kalau pelekatan OK,  posisi apa aja gak masalah.
Pelekatan yg baik ditandai dengan *CALM*
1. Chin / dagu nempel di payudara itu, 
2. Areola /lingkaran hitam di payudara sebagian besar masuk mulut bayi
3. Lips / bibir bayi terlipat keluar alias memble
4. Mouth / mulut bayi terbuka lebar

Untuk posisi ada kuncinya juga
1. perut ibu dan perut bayi berhadapan
2. kepala bayi,  pundak,  dang pinggul bayi terletak di garis lurus
3. bayi di topang dengan nyaman

4⃣
*Pertanyaan* :
A. Sebaiknya brp jarak waktu yg baik utk pumping. Misal jam 5 aq pumping utk stok. Debay nenen lg jam 6. Nah jam brp aq hrs pumping lg biar hasilnya maksimal?
B. Klo lg nguras kulkas, stok asi nya baiknya taro mana?

*Jawab* :
A. Gak ada patokan khusus mau brp lama jaraknya,  yg penting jadwal jgn sampe terlewat, . misalnya jadwal pumping. jam 4 pagi, sebelum brkt, jam 9, jam 1, sebelum pulang, tinggal nanti diatur sesuai rutinitas aja, dan ttp susui bayi ketika di rumah
B.  nitip tetangga,,  atau pake coolbox dengan es batu yg banyak
Utk ibu bekerja hrs punya jadwal pumping yg tetap,  agar pasokan ASInya gak kerjar2an

5⃣
*Pertanyaan*:
Minta tips nya donk mba... tentang apa aja yang harus dilakukan/dipersiapkan sejak hamil biar ASI nya nanti lancar... dan apa sih faktor utama ASI bisa langsung ngucur deras saat setelah lahiran mba...?

*Jawab* :
Yang harus siapkan saat hamil adalah mind set bahwa ASIKU PASTI CUKUP UNTUK BAYIKU. Kadang ibu2 suka salah duga ttg ASI pertama, pengennya banyak ya,,  hehehe tp Allah maha mengatur segala nya.

Lambung bayi lahir itu masih sebesar kelereng sktr 15 ml atau 1 sendok makan obat.  jd ya ibu produksi gak banyak,,  tp asi pertama yg cuma seuprit itu kayak akan zat antibodi yang bs melindungi bayi.  atau kita sebut Kolostrum

ASI juga lebih cepat di serap drpd susu formula,  that's why bayi asi terlihat nampak selalu LAPAR 😁,,  susui saja terus,,  nanti akan banyak,,  kalo gak disusui pabrik ASI gak akan pernah tau kebutuhan bayi seberapa banyak. 

Semakin sering di susui atau semakin sering ASI dikeluarkan dr dapurnya,  koki ASI akan bikin lebih banyak lagi

6⃣
*Pertanyaan* :
mau tny ttg posisi menyusui. aku menyusui dr anak pertama (0-2th) nyamannya posisi tiduran dan anaknya pun lbh nyaman dgn posisi tiduran.. krn stlh lepas puting, lgsg tdr tanpa hrs takut kebangun kyk kl abis nyusuin digendong. pertanyaanku,  sbnrnya aman ga ya posisi menyusui sambil tdr? soalnya bbrp sdr wanti2 jgn smp nyusuinnya tiduran dan hrs digendong. takut ketindihan , takut asinya kena mata dll dll. tp yg aku rasain wkt anak pertama, alhamdulillah sih gaada apa2 dan ga pernah kena asi kmn2. jd sbnernya aman ga posisi menyusui sambil tiduran?

*Jawab*:
aman kok,, yg penting rumus posisi dan pelekatan di penuhi,, posisi ibu di atur aja biar enak dan gak nindihin bayinya

7⃣
*Pertanyaan*:
#NanyaManajemenLaktasi
Manfaat asi yg luar biasa blm byk yg tau terutama mahmud². Nah, bagaimana membangun kesadaran yg efektif untuk ibu baru agar bisa dan mau memberikan asi.

Tentang asi dan ibu baru melahirkan kan byk mitos tuh, pantangan² dll. Misal jgn mkn pedes nanti asi nya pedes/ gak enak. Hati² asi jgn kena kulit bayi nanti luka (asi keras) dll

Nah sejauh mana kita hrs menanggapi sebuah mitos?

*Jawab* :
cara membangun kesadaran ya sering sering promosi manfaat ASI.  promosi ASI masih kalah dengan promosi sufor di media.  Anak pinter krn minum susu dengan dha,  padahal di asi juga ada,  malah lebih alami.  Atau klo mau lebih nakutin lagi,  share aja bahaya sufor,  misalnya resiko alergi,  diare,  radang saluran pernapasan,  dll.Ada yg murah,  gizi lengkap,  dan higienis knp hrs pilih yg lain. Lebih bagus mana buatan Allah sama buatan manusia?

Mitos ttg ASI memang sangat banyak, tinggal kita cari sumber ilmu yg relevan aja.  supaya mitos itu terpecahkan :
>>Makanan pedas dan ASI . Yg bikin pedas itu zat yg namanya capcaisin,  dia gak akan masuk ke ASi kok,  krn hanya berasa di mulut aja, ibu menyusu gak boleh makan pedas2 atau terlalu pedas,  takutnya jd diare,  kan kasihan anaknya klo ibunya sakit,,  😁

>>ASI bukan air keras,,  jd gak akan merusak kulit bayi,  bs jadi bayi alergi kena udara, sabun bayi,atau dr makanan yg ibu konsumsi,

8⃣
*Pertanyaan*:
Mb mau tanya cara berentiin asi krn sepupu saya bayinya udah meninggal dari pas lahir tp smpe setahun skrg ini msh tetep keluar asinya.

*Jawab* :
Innalillahi,,  nanti berhenti sendiri kok mb. biar gak bengkak boleh sesekali di pompa,, waktu nyapih,  asi saya msh keluar pdhl udah 1 bulan,, asal udah g di nenenin pasti berhenti produksinya

9⃣
*Pertanyaan*:
Nima 3bln kalo menyusui beberapa kali muntah, ASI keluar dari mulut dan hidung, kadang ASI segar kadang berupa gumoh.. Apa benar itu artinya dia kekenyangan? Suami bilang bisa aja aku masuk angin trus ASInya gak enak jadi si Nima mual dan muntah? Apa begitu mba yani?

*Jawab* :
gumoh bs krn terlalu byk asi yg masuk dan krn gerak reflux di lambung blm sempurna,  jd bukan krn masuk angin, setelah menyusu biasakan sendawakan bayi,  dengan tepuk2 punggungnya dengan gendong posisi vertikal.

1⃣0⃣
*pertanyaan*:
Apakah benar, anak yg sakit maka ibu yg harus minum obat?

*Jawab* : 
tidak benar,,  yg sakit kan anaknya knp ibu yg g sakit harus minum obat?  hehhe,,  tidak semua obat yg diminum ibu itu masuk ke asi,  ada beberapa faktor seperti kelarutan obat dalam lemak dan sebagainya.

kalaupun ada obat yg masuk ke ASI,  dosisnya gak akan cukup untuk mengobati penyakit si bayi,  malah kasihan dong tubuh ibunya,, berikan obat sesuai dosis yang tepat untuk bayi.

1⃣1⃣
*pertanyaan* :
Mba wkt anak pertama lahir pada saat menyusui puting saya kurang keluar membuat saat menyusui agak sulit

Bagaimana cara mengeluarkan putingnya agak bs keluar.

*Jawab*:
yg perlu diingat,,  bayi menyusu bukan pada puting tp pada payudara,,  utk puting yg datar,  bs gunakan metode sandwich,,  cara pegang payudara spt pegang roti sandwich lalu di masukkan ke mulut bayi,,  nanti hisapan bayi yg akan menarik keluar putingnya,, atau gunakan pipet suntikan yg dipotong bagian ujungnya.

1⃣2⃣
*Pertanyaan* :
Apa benar usia kehamilan masuk 8bulan si PD sudah mengeluarkan ASI? Dan klo PD gak mengeluarkan ASI saat itu, kita gak bisa menyusui? Pertanyaan titipan dari temen yg hamil masuk 8bln, worry bgt krn PD nya masih biasa aja..

*Jawab*:
Gak semua begitu,  keluar ato tidaknya ASI pada saat hamil tdk menjamin keluar ato tidaknya ASI saat melahirkan. Proses produksi ASI dimulai saat tubuh ibu melahirkan,  hisapan bayi yg merangsang produksi ASI itu sendiri,  itu knp inisiasi menyusu dini penting.  Bayi akan dapat asi pertama dan tubuh ibu merespon utk bikin ASI dengan adanya hisapan bayi,. ingat ukuran lambung bayi yg kecil,  jd asi awal gak selalu banyak,  warnanya bening,  kdng gak kelihatan keluarnya,,, tp ibu2 harus yakin ASI pasti keluar, selama bayi menyusu.

1⃣3⃣
*pertanyaan*:
Banyak yg menyarankan jika bayi belekan, agar dikasih asi. Apakah benar? Karena bny yg merasakan bisa sembuh

*Jawab*
hehehe,, iya ni banyak yg suka share tipa ini,,
kalau belekan cukup usap dengan handuk + air hangat,,  mata itu sensitif seperti mata kita,  bikin obat mata saja harus memenuhi ketentuan ttg tekanan isotonis suatu cairan,  kalo beda ba bikin mata perih,  jd hati2 meneteskan ASI ke mata bayi,  ksh klo nanti malah perih,

1⃣4⃣
*pertanyaan*
Saya sering mendengar, ada ibu yg akhirnya memutuskan memberikan sufor krn katanya asinya ga keluar bny. Katanya juga, udah segala cara dilakukan tp anaknya haus terus. Akhirnya dikasih sufor hiks.
Gmn cara ngasih tau orang yg spt itu ya?

*Jawab* :
1. ASI itu mudah diserap,  jadi bayi akan sering lapar,  bukan ASI ibu yang kurang

2. Taunya kurang dr mana?  apakah sudah cek tanda kecukupan ASI nya?

ASI dikatakan cukup jika :
- pipis bayi minimal 6x sehari semalam
- pup 2-4 kali sehari semalam
- berat badan naik minimal 500gr
klo semua terpenuhi,  bunda gak usah khawatir ASI kurang, 

3. Bayi menangis blm tentu lapar,,  mgkn dia hanya butuh pelukan,,  klo bisa ngomong mngkn dia akan bs bilang klo lagi laper. dengan seringnya bayi minta nyusu akan memperbanyak ASI ibu kok,, jd ASI ibu pasti CUKUP untuk bayinya

5 kali nyusu dan tiap menyusu misalnya 100 ml,  maka tubuh ibu akan menghasilkan 500ml, kalo diseling sufor 50 ml,  tubuh ibu cuma menghasilkan asi 450ml,,  seperti itu,,  jd sufor bukan membantu tp malah menurunkan produksi ASI

1⃣5⃣
*Pertanyaan* :
Bagaimana dg penyimpanan ASI yg barengan dg daging yg dikemas. Biasanya ibu muda baru puny freezer barengan penggunaannya dg kulkas rumah tangga. Yg secara mau gk mau bersebelahan.

Brp lama boleh dipakai.
Ada cara khusus untuk proses pencairan/ sterilisasinya kah? ‬

*Jawab* :
klo bs dipisah ya,,  ini kulkas 1 pintu atau 2 pintu? untuk penggunaan ASIP,  setelah beku,  cairkan dulu atau turunin dan simpan di chiller (kulkas biasa)  sampai titik beku hilang,  lalu rendam botol asip di air biasa,  sampe suhu turun,  baru rendam ke air panas,  sampai suhu asi hangat2 kuku,,  asi yg sudah cair tdk boleh di bekukan lagi, harua dihabiskan

1⃣6⃣
*pertanyaan* :
Apakah pemakaian kosmetik pada saat hamil itu bisa mempengaruhi adanya asi atau gak?

*Jawab*:
asal bukan kosmetik bermerkuri,, ibu hamil juga butuh perawatan dan tampil cantik kan?

Berarti pemakaian kosmetik non merkuri aman utk ASI.

1⃣8⃣
*Pertanyaan* :
Mb mau tanya, Klo menyusui boleh sambil makan, minum tidak?

*Jawab* :
boleh2 aja,, asal ibu dan anak sama2 nyaman

1⃣9⃣
*pertanyaan* :
cara menyapih yg efektif bgmana ya? Pas anak pertama ikutan cara ibu dikasih pahitan🙈

Anak ke 2 disounding tp lama banget ya sampai usia 2,5 baru lepas. Naah.. anak k3 ini udah 1 bulan sounding msh belum ada perkembangan

2⃣0⃣
*Pertanyaan*:
Utk yg mau menyapih, saat masa peralihan dr asi k sufor, apakah boleh mencampur asi dg sufor? Krn rasa asi dan sufor itu kan beda, sehingga bayi menolak ketika lgsg diberikan sufor..

*Jawab 19 & 20*:
Metode menyapih macam2 ya,,  yg penting anak,  ibu dan ayah sama2 siap,  rela,  ikhlas,, kenapa ayah juga ikut berperan?  karena menyusui itu bukan cuma antara ibu dan anak,  tp komitmen bersama suami dan istri. 

ada yg namanya weaning with love, butuh proses,  gak sebentar bisa berbulan bulan,,  tergantung kesiapan keluarga,,  bisa pake mantra,,  MEMBERI SAJA,  PERCAYA SAJA,,

susui saat dia minta,  jgan menawarkan,  percaya suatu saat dia akan berhenti menyusu,,  kalau yg mau ikut anjuran 2 tahun pas menyapih walau apapun yg terjadi, boleh aja,  asal ttp ajak anak terlibat atau diskusi bahwa saatnya ia menyudahi menyusu.
bayi yg lepas ASI gak wajib sufor ya,, masih banyak makanan bergizi lainnya,,  susu itu bagian dr protein hewani,  bukan super food. bs beri uht plain, rasanya mendekati ASI kalo yg mau nambah protein dr susu.

tingkatan gizi dr yg paling bagus sampe kurang bgs itu . ASI > susu Pasteurisasi > uht > bubuk > susu kntal manis

2⃣1⃣
*Tanya*
aku ada keturunan alergi, dan anakku dua2nya selama asix 6bln, jd ikutan alergi kl aku makan makanan semacam coklat susu seafood dan sejenisnya. dsa suru aku pantang makan itu, tp nenek (mertua) ku blg gausah dipantang takutnya nnt malah jd susah makan ini itu anaknya. aku sih lbh sepakat sm mertuaku biar anakku kebal nnt dan ga akan alergi. pertanyaanku kputusan ku utk ga ngikutin pantangan makanan yg bikin alergi salah ga ya? apakah pengaruhnya utk anakku nnt ? apakah kl aku ga mantang alerginya akan trs kambuh?

*Jawab*
bayi di bawah 1 thn memang rentan alergi,  lebih baik pantang,  klo memang alerginya parah,  coba lagi nanti usia 1 th,  nanti saat dia udah makan masakan keluarga juga boleh di kenalkan,  ada beberapa alergi yg hilang saat anak bertambah umur,  ada juga yg msh,,  klo masih terlalu kecil kasihan dia,  blm bs ngeluh dan ngomong hehehe,,

T : Berarti kalau kita pantang makanan tertentu, belum tentu anaknya gak doyan makanan yang sama ya mba? Kan katanya rasa asi itu sesuai makanan yang ibu makan. Eh bener ga ya? 😄

J : iyaa,,  belum tentuu,,  ada yg alergi coklat,,  sejak bayi merah,,  sampe skrg usia 3 th,,  ibunya dulu pantang, anaknya ttp suka kok,, walau abis itu gtal2
rasa asi spt rasa makanan ibu ya? blm. pernah icip,,  hihi tp klo anakku bilang rasa asi ibu kayak rasa uht plain,, prinsipnya mgkn sama seperti obat,,  ada yg masuk ke asi ada yg tidak,  tergantung kelarutan zat makanan,dan yg di ambil utk bikin ASI adalah zat yg terbaik

2⃣2⃣
*Tanya*
Jika ibu bekerja, perlukan dikenalkan ke bayi mimi asi pake dot supaya ga repot nantinya. Misalnya sebulan sebelum cuti habis maka saya kenalkan bayi saya dg minum asi dr dot.

*Jawab*
penggunaan dot masih jd pro dan kontra,,  tp byk kontranya sih,,  hehehe,,  soalnya bs bikin bayi bingung puting,  alias gak bs nyusu langsung ke payudara ibu.  mekanisme menyusu di dot dengan payudara beda sekali,  klo udah keenakan pake dot,  bayi jd malas menyusu di payudara.  msh ada media lain kok,  spt sendok,  pipet,  atau gelas. ajarin pengasuhnya utk pakai media itu. ngajarinnya bs kpn aja selama ibu blm bekerja,  tp dengan catatan,  latihan pemberian asi dengan media lain dilakukan oleh pengasuh,  bukan ibu.  krn klo udah kecium bau ibu dan gentongnya,  bayi lebih milih ibunya, jd sementara ibunya ngumpet dulu,,  he

2⃣3⃣
*Tanya*
Kehamilan aq yg kedua ini, aq jarang sekali makan sayur mayur, tp buah msh bs di konsumsi...Ntah knp kehamilan kedua ini suka nya ikan daging dan sambel, tnp itu ngga bs masuk nasi. .Dulu yg syakira apa aja di makan (alias doyan makan), .Naah sangat kah mempengaruhi pola makan tnp sayur mayur untuk persiapan ASI ketika bayi lahir??ada kah tips pola makan bumil untuk ASI buat persiapan nnti ketika bayi lahir. . ??

*Jawab*
makanan ibu menyusui gak hanya sayur yaa hehe,,  yg paling penting gizi seimbang,  banyak minum biar kondisi ibu fit. banyak makan sayur klo gak pernah di susui juga gak akan memperbanyak ASI. Ibu hanya butuh rileks,  mind set positive,  gak stress,  gak kecapekan,  gak banyak pikiran,,  insyaAlloh ASI lancar,,
makan makanan favorit ibu juga ba bikin asi banyak. asal ibu senang alias happy. biasanya yg bikin happy  shopping ya. ibu happy berhubungan sama hormon oksitosin yg memperlancar ASI. jd menyusui kudu hepi yaa.

Menyusui yang tampaknya mudah ternyata banyak tantangannya ya.. sebenernya bayi udah dibekali insting untuk menyusu pada ibunya,  sedangkan orang tua dibekali kemampuan untuk belajar bagaimana cara menyusui.
Menyusui dengan keras kepala,  menyusui dengan bahagia,,

2⃣4⃣
*Tanya* :
Bagaimana dengan ASI yg tidak kental atau encer untuk bayi. Dan supaya ASI kental itu makan apa ya. Satu lagi, ibu menyusui boleh mengkonsumsi kopi nggak?

*Jawab*:
ASI ada 2 macam yaitu *Fore milk* dan *hind milk*,,
Fore milk itu agak encer,  isinya kebanyakan air,  mineral,  vitamin,  biasanya muncul di awal sesi menyusui,  apalagi siang hari yg panas,  macam kita minum air putih aja
Hind milk atau asi akhir, agak kental,  warnanya putih kekuningan,  isinya lebih banyak lemak,  protein,  dan vitamin larut lemak, biasanya ada di akhir sesi menyusui
Dua2nya sama2 bagus,  dan dua2nya di butuhkan oleh bayi.
Kopi, boleh asal ga terlalu banyak,  ada bayi2 yg sensitif sekali dengan cafein,  cafein biasa ada di teh atau kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar