senyum

senyum
senyuuuuuum - - - iya kamuuu - - - senyuuuuuum

Rabu, 20 Februari 2013

Me and Thalasemia part 2

yakkk lanjut lagi share tentang thalassemia

masa-masa smp terlalui dengan indah, cieee
ya meskipun jadi yang terpendek satu sekolahan, atau yg tercungkring di kelas tp tetep bisa menjalankan pembelajaran senormal mungkin, tetep bisa punya banyak temen, dan tetep bisa juara umum di sekolahan
horreeeyyy (^_^)9

Gak cuma itu, masa-masa kecilku juga lumayan banyak prestasi, aku pernah ikut lomba matematika tingkat SD sekecamatan dan dapet juara dua, trus aku juga pernah ikut lomba pidato dan juara 1 tingkat kecamatan, sering juga ikut lomba2 nyanyi tapi cuma sekali dapet juara 2 sekecamatan, pernah juga ikut lomba catur tapi kalah, pendek kata waktu kecil aku punya tingkat kepercayaan diri yang besar, entah bagaimana caranya, entah bagaimana didikannya saat kecil aku tak pernah merasa berbeda dengan yang lain
atau mungkin karena aku sadar aku punya kelemahan sehingga secara psikologi aku pengen nunjukin ke orang-orang bahwa aku juga punya banyak kelebihan, entah lah yang jelas waktu itu aku tumbuh jadi anak yang Pe De abessssss

thalassemia ini mulai sedikit mempengaruhi psikologis ku waktu kelas 3 SMP dan aku belum haid :(  ketika kebanyakan teman-teman dekatku sudah haid dan aku belum, rasanyaaaa gimanaaa gituuuh 0_o
dan lebih bikin down lagi waktu adik ku yang saat itu masih kelas 1 SMP dapet haid pertama.
Rasanya mulai khawatir dan deg-degan, jangan-jangan aku gak normal, jangan-jangan aku gak haid seumur hidup, dan prasangka-prasangka buruk lain yang berseliweran dalam benakku. Di tambah lagi ibuku yang juga tidak bisa menyembunyikan kekhawatirannya akan hal ini dengan berkata, usia orang dapet haid pertama itu beda-beda kak, maksimal umur 15 tahun, kakak baru 13 tahun, nanti kalau udah 15 tahun belum dapet haid terus kita check ke dokter ya. jleb jleb jleb... aseliii kepikiran.

tapiii aku pikir, ya sudahlah, gak akan habis kalo dipikirin, berusaha lupain dan fokus sama sekolah, les bahasa inggris, dan teman-teman

dan akhirnya lulus smp
daftar ke sma favorit se kabupaten
masuknya diseleksi nim dan ujian tulis
alhamdulillah bisa masuk, dari 840 pendaftar aku ada di urutan ke 69, horrrraayy (#_^)9

kok gak cerita sakitnya sih?
hehehe soalnya jaman kecil dulu sering banget sakit, setahun itu bisa 7 kali sakit, demam, flu, campak, dan tiap sakit gak pernah kurang dari seminggu, tapi anehnya gak pernah transfusi, kata dokter waktu itu, aku cuma thalasemia intermediet yakni peralihan antara thalasemia mayor yang harus rutin transfusi dan thalasemia minor yang hanya pembawa sifat, sehingga thalasemia intermediet tidak memerlukan transfusi secara rutin hanya pada saat-saat tertentu ketika mengalami infeksi berat,
waktu itu tiap sakit kalau hb masih 6 gak boleh transfusi, kata dokternya waktu itu, transfusi itu gak begitu baik untuk tubuh karena zat besi yg dibawa dari darah yg dimasukin bisa numpuk di tubuh dan mengakibatkan sakit pada organ tubuh lain (waktu itu sih manggut manggut aja).

Thalasemia adalah kelainan darah yang ditandai dengan kondisi sel darah yang mudah rusak yaitu 3-4 kali lebih cepat dibanding sel darah orang normal. sel darah merah yang rusak diuraikan menjadi zat besi oleh limpa, karena kerusakan darah terjadi secara cepat dan masif  maka kandungan zat besi dalam tubuh meningkat sehingga bisa mengganggu fungsi dan kerja organ lain. http://thalasemia.org/

alhasil jadi aku gak pernah transfusi meski hb 6, cuma di suruh istirahat dan makan banyak.
(untuk thalasemia mayor dengan hb 8 pun sudah harus transfusi karen tubuhnya samasekali tidak bisa membuat hb)

nah kembali ke cerita

waktu kelas 1 SMA tinggi badan ku belum senormal teman-teman, dan selalu lemah di pelajaran olah raga, aku ingat dari SD sampai SMA nilai olah raga ku tak pernah lebih besar dari 7

ingat banget waktu jamannya SMA di sekolah favorit itu, tiap pelajaran olah raga pasti selalu harus mengulang remedial, untuk ulangan pertama di tes lari estapet, dan tentu saja aku tak bisa sekuat yang lain, baru satu putaran lapangan sepakbola bibir ini rasanya dingin, hehehe tapi alhamdulillah gak sampai pingsan, dan akhirnya disuruh remedial di sore harinya, rasanya kesel, malu, sebel, soalnya kalo kita dateng sore2 ke sekolah itu tandanya kita gak lulus ulangan dan harus remedial :(( kalau yang lain remedial pelajaran fisika, kimia maka aku dengan bangga remedial olah raga, hahaha, sempet pengen ngelawan ke gurunya, soalnya kenapa? karena ini gak adil, bagiku yang namanya fisik itu udah dari sono nya, udah dari Allah nya susah bagi kita untuk ngerubah apa yang udah Allah kasih, termasuk penyakit ini, mau di remedial sampe ribuan kali pun kalau remedialnya tetep di suruh lari, aku gak akan pernah bisa lulus. rasanya keseeelll banget, kalau kimia, fisika, atau matematika semua anak bisa usaha kerasa untuk belajar di rumah, kalo lari??? ya Tuhannn, dimana keadilan itu???????

dan untuk pertama kalinya aku nangis dan ngadu ke orang tua agar ceritakan penyakitku pada guru olah ragaku itu. dan akhirnya ayahku datang dan cerita ke guruku, tapiiiiii

tetep aja disuruh remedial,dan lari walaupun jadi gak maksa aku agar bisa lari sekian meter

dan itu berulang untuk materi-materi selanjutnya, seperti lompat jauh, dan lari sprint

aku kembali harus remedial, gara-gara tidak mampu lari sekian meter dalam waktu sekian detik, waduuuuuuuuuuuhhhhh kesyeeelllll

sampe akhirnya setelah rapot ulangan dibagikan guru olah ragaku bilang di depan kelas,
"spesial untuk Khairunnisa, nilai psikomotoriknya memang tak pernah lebih besar dari 6 tapi saya kasih dia penghargaan nilai 8 untuk kegigihan dan usahanya"

rasanya tetep kesel tapi hepi hepi gimana gitu, hahaha

kebayang aja seumur sekolah di sana akan pasti selalu di remedial olah raga, haghaghag :DDD



Tidak ada komentar:

Posting Komentar