senyum

senyum
senyuuuuuum - - - iya kamuuu - - - senyuuuuuum

Senin, 15 April 2013

Yeee lulus ^o^9 part 1


Alhamdulillah, akhirnya lulus juga, empat taun kuliah di pendidikan fisika bukan hal yang mudah namun juga tak sesulit yang dibayangkan. Masih ku ingat dengan jelas, awal-awal perkuliahan fisika dasar 1 dengan pak Tatang, entahlah apa yang kalian rasakan, tapi yang aku rasakan "wowww" it will be not fine aku kira, fisika bukan saja hal yang menyeramkan bagiku tp juga hal yang "me-mutus-asa-kan" harapan *hahha lebay, karena jika tau bagaimana jalanku bisa kuliah di jurusan ini, kebanyakan orang tak percaya (kecuali kalian yg satu jurusan dg nasib sama, hhe) aneh memang, cita-cita sebenernya pengen banget jadi dokter Cuma waktu itu keadaan keuangan keluarga sedang tidak memungkinkan, trus akhirnyta ngebet banget pengen jadi psikolog, dasar memang bukan jalan terbaik menurut Allah ya gk akan terjadi, bukan karena tak diterima tapi karena putus asa ditolak pilihan pertama, *haha apa bedanya? aku orangnya keukeuh alias ngotot pengen kuliah psikologi unpad, gk keterima ya udah pundung *padahal dong-dongnya aku kalo mau jd psikolog kan gk harus di unpad ya? ya sudahlah, putus asa membawa otak ku pada pikiran "ngadat", sampe akhirnya pelajaran yang aku benci seumur-umur sekolah malah menjadi pilihanku *efek patah hati, dan aneh nya kok keterima ya? 

Kuliahlah saya di fakultas keguruan jurusan mipa prodi fisika universitas islam negeri bandung, dengan setengah hati campur deg-deg gan, kejutan demi kejutan pun datang, jeng jeng jeng, hoaaammm
kejutan pertama pada awal menjadi mahasiswa adalah bertemu dengan fisika dasar Mr Tatang, bersamaan pula dengan kejutan kalkulus Mrs Juju, hoohhh asli syokkk, kebayang-bayang penyesalan jaman bimbingan belajar, serius ngerasa dosa dan dapet karma, kenapa? karna tiap bimbel pas pelajaran fisika cuma datang sekali dan sudah berniat dengan bulat tak akan mengisi satupun soal fisika di tes snmptn nanti *asli benciiii, (pantesan psikologi unpad gk nembus ya? hahaha). dan benarlah it will be not fine itu terjadi, dapet nilai D donggg untuk Mr Tatang dan C untuk Mrs Juju, ip semester penuh kejutan ini adalah 2,75 asli syok dan pengen muntah-muntah *jaman sekolah aku gk pernah lari dari 3 besar dari satu sekolahan, nah sekarang dapet ip dibawah 3 asli pengen guling-guling di pasir (ngayal). berasa langit runtuh dan masa depanku di jurusan ini kelam, *lebay. sampe berniat untuk ikut snmptn lagi dan pengen ambil kedokteran *tambah ngaco dan gak ngaca kan? hahaha, biarin :p 

Masuk semester dua, masih ketemu dengan Mr Tatang di fisika dasar 2 dan Mrs Juju di Kalkulus 2, sudah tidak lebih syok dari yang pertama sebenernya, tapiiii tetep aja efeknya sama kayak pas lagi syok, Mr Tatang dapet C Mrs Juju dapet D *hahaha tukeran tempat gitu nilainya dan ip semester ini adalah 3 pas, iyaa 3 koma nol, 3 pas, segitu juga syukur tauuuuuuukkk :p. dan niatan untuk snmptn lagi ambil kedokteran itu masih ada, serius masih ada dan masih niat sampe akhirnya jreeeeeetttt, sakit lah aku lumayan lebay sakitnya hehehe, kata dokter sih ada batu di empedu ku yg menghantui tidur malamku karena mulesss gak ketahan sakit guling-guling beneran sekarang mah. dirawatlah di Imanuel *rekor hidup terpecahkan, perdana masuk rumah sakit dapet 6 hari tuh dan 4 labu (pasrah harus transfusi gara2 thalasemiaku mulai ngamuk, bener2 perdana seumur hidup waktu itu umur 17 tahun). Dan untuk ngilangin tu batu yang jd parasit di empedu adalah aku harus minum obat rutin selama 3 bulan dan rajin control seminggu sekali, *asli bosennn. Tapi sakit ini tak membuat niat untuk pindah jurusan berkurang, malah semakin yakin pengen jadi dokter, knapa? Abisnya kemaren sakit bayarnya mahal, kalo saya dokter kan lumayan ngobatin diri sendiri, ahahahaha *ngaco, sebenernya ngebet pengen pindah kedokteran karena aku sakit, dan aku yakin sakit ini bisa jadi motivasi untuk bisa kuliah sampe jadi spesialis hematologi dan onkologi, tapi ternyata ini Cuma keinginan sesaat *gak tega ngomong ke orangtuanya secara jadi dokter itu mahal, hihihiihi. Di titik ini aku mulai belajar untuk berdamai dengan keadaan, keadaan sekarang adalah aku kuliah di univesitas islam negeri bandung jurusan pendidikan fisika, yang masuknya juga gak gampang, gak murah, dan banyak orang yang gak seberuntung aku dan aku udah masuk tahun kedua, please cobalah nikmati, nikmati gimana rasanya rumus-rumus itu muter2 kayak benang kusut tiap mau ujian, nikmati gimana rasanya penjelasan dosen itu bertumpuk-tumpuk menindih otakmu sampe megap pengap gak mudeng, hahaha *lebay, nikmati gimana rasanya tugas2 itu ngeledek tiap minggu, nikmati aja nikmati kehidupan di fisika uin bandung yang sebenernya gak se-lebay kayak yg aku certain barusan kok, hehehe. Sampai akhirnya semester 3, ip ku berhasil naik, menjadi 3.10, naik 0.1 coyyy, horeeee dan gak ada nilai D cihuyyy.

Semester tiga dan empat, nampaknya aku benar2 sudah bisa menikmati kehidupan menjadi mahasiswa, kenapa? Karna aku ketemu orang2 luar biasa di semester ini, aku masuk unit kegiatan mahasiswa yang namanya lembaga dakwah mahasiswa, keren kannnn??? Hahaha mau jadi da’i katanya, padahal bukan karna itu sih, yaaa karna nyaman aja ketemu sama teteh-teteh yang wajahnya menyejukkan, teteh-teteh yang super duper baik baik, juga temen2 yang selalu ada siap sedia mengingatkan saat salah, dan menguatkan saat benar, yupss akhirnya aku belajar jadi “aktivis” *katanyeee, belajar untuk tidak hanya memikirkan keadaan diri sendiri, belajar untuk tidak focus pada masalah sendiri yang ternyata aku sadari gak sebanding dengan permasalahan manusia lainya yang kompleks dan rumit. Di sini mulai lupa sama masalah ribetnya aku ngejar2 ketinggalan pelajaran, karena kuliah ternyata gak ada gunanya kalo Cuma buat ngejar ip bagus doang, saat kuliah adalah saat kita mematangkan emosional kita, jiwa social kita, kepekaan kita, rasa peduli kita, wawasan kita, dan tentu membangun idealisme mahasiswa. Lebih jauh nya kuliah adalah saatnya mengokohkan jati diri kita sebenarnya yang tentu gak bisa kita dapetin hanya dengan menjadi mahasiswa pengejar ip bagus, hehehe. Tapi tentu bukan berarti tak harus ber-ip bagus, karena ip bagus adalah bentuk pertanggung jawaban kita pada orang tua.

Masuk semester lima sudah mulai terbiasa menjalani rutinitas bertemu dengan hal2 “mengejutkan” di fisika, alhamdulillahnya keadaan ip ku semakin membaik, begitupun keadaan jiwa dan hatiku *hadeeeehhh lebayy. Yak karena semakin ke atas udah gak ada tuhh nilai D, hihi cihuyyyy. Kenapa? Karena aku belajar? Ohh tentu, itu saja? Oh tidakkk, truss?? Hmmm karena aku bertemu dengan teman perjalanan yang “luar biasa” who is? Yups they’re mira, ita, reni, suci, teh pupah, dan yuni. Makhluk2 lucu dan langka yang dikirim Allah buat nemenin masa-masa penuh “kejutan” ini. Huffttt Alhamdulillah (kalo mereka baca pasti mesem-mesem, huhh). Asli banget, bener kata pepatah lama, teman itu ibarat gaya gesek, kalo gak ada gaya gesek, kamu gak akan bisa bergerak apalagi berjalan *pepatah mana pula? ahahaha, biarin ah gak nyambung jg yang penting keren :p. intinya dibalik kesuksesanmu pasti ada orang-orang “langka” yang berperan menyokongmu, dan itu salah satunya adalah teman. Thanks banget buat Allah yang uda ngirim mereka. Makhluk2 langka dari spesies sejenis molusca *haha, yang sukses bikin hidupku berasa rujak campus sayur asem campur permen loli, juga sedikit kopi *apa siiiiiih?. Pokonya sayang banget sama kalian. Gak kebayang ngadepin Elektronika, termodinamika, mekanika, fisika modern, fisika inti, fisika kuantum, gelombang, optic termasuk zat padat kalo gak bareng2 sama kalian, huffftttt bisa eror berat ni otak haha, thankssss sooo muchhh muachhh :*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar