senyum

senyum
senyuuuuuum - - - iya kamuuu - - - senyuuuuuum

Senin, 15 April 2013

Yeee lulus ^o^9 part 2



Masuk semester enam. Alhamdulillah luar biasa, keinginan untuk pindah jurusan ke kedokteran itu sama sekali udah gak muncul lagi *ya iyalah dipikir aja, udah 3 taon mosok mau pindah jurusan, hhaha. Cuma yang masih dongdong nya, semester ini tuh ada mata kuliah “micro teaching”, ya sejenis mata kuliah yg kita disuruh pura2 ngajar, dongdongnya dimana? Dongdongnya uda semester enam tapi aku baru nyadar bahwa jiwa “keguruan” ku belum muncul, ya tau kan jiwa “keguruan” itu yg gimana (dewasa, matang, bijak, pinter, kalem, sabar dan panutan). Itu tuh belum keliatan jelas ada di aku, wong tiap belajar bareng temen trus kebagean ngejelasin ke temen, ora ono sing mudeng to ya diajarin sama aku, hehehe. Tapi biarlah ku pikir ini akan muncul nanti pelan2. Ya bisa dibilang micro teaching ku lumayan kalo gak tega bilang cara ngajarku “aneh” hahaha.

Semester tujuh… wahhhh saatnya PPL, tau PPL? Hmmm ya sejenis praktek ngajar lapangan gitu. Dan aku kebagean PPL di MAN 2 Bandung. Wuaahhhh bayangin aja gimana deg-deg gannya… kebagean ngajar kelas sebelas. Tau materinya apa? Hooohhh ni materi musuh bebuyutan di fisdas, tentang vector, gerak lurus, gerak melingkar sampe hukum hooke. Asli puyenggg. Tiap mau ngajar, begadang dulu ngapalin di kosan. Tetep aja uda ngapalin juga pas di kelas ada pertanyaan dari siswa harus sedikit “menghuleng’ dulu hihihihi, tapi secara garis besar sih bisa dibilang lancar lah. Aku dapet satu pelajaran, bahwa fisika susah itu memang, tapi ada yang lebih susah daripada fisika, apa? Ngajarinnya, asli susah banget bikin siswa jadi ngerti. Pantesan dulu guru fisika jaman sma, kayak yang putus asa gitu kalo ngajar. Ohh ternyata begini toh rasanya. Asli susah dan bikin keringetan. Hehehe. Ngertinya aja susah apalagi bikin orang lain ngerti. Salut jempol dan doa deh buat guru fisika seluruh dunia, kereeennn. *hehehe I will be ^^.

Masuk semester delapan ketemu sama yang namanya KKN dan  udah mulai ngegarap skripsi, sayangnya untuk menebus nilai-nilai D di semester awal efeknya adalah semester 8 yang harusnya aku focus skripsi harus ngebagi waktu dan pikiran buat ambil perbaikan, yaaa lumayan lah berangkat pagi pulang magrib (ngapain??? Kukulintingan weh :D haghag). 

Masa-masa tergalau itu ya saat ngegarap skripsi, gimana repotnya ngejar-ngejar dosen, menunggu berjam-jam bahkan seharian hanya untuk ngebenerin kutipan atau sekedar minta tanda tangan, tapi ya itulah seninya. Lebih galau lagi saat apa yang udah kita kerjain semaleman habis dicoret sama dosen dan harus mengulang, belum lagi jika pendapat dosen tidak sejalan dengan maksud dan keinginan kita, sehingga kadang-kadang ya sudahlah jika ingin cepat beres maka turuti saja (eitsssss jangan dicontoh ya). Itu baru urusan dengan dosen, belum lagi urusan dengan yang namanya mood, ada masa-masa eneg, males, muak, penat, ngeliat tumpukan kertas penuh coretan, yaaa aku juga ngalamin yang begitu, baru satu bulan digarap langsung penelitian, setelah penelitian, bosen, akhirnya dianggurin dua bulan ahahaha (dipikir-pikir dua bulan gue ngapain yak?) sampe pas dua bulan kemudian aku datang ke dosen, dosen ku bilang gini, “kok perasaan bapak, kamu lama banget ya penelitiannya, kemana aja? “, hehe Cuma bisa nyengir doang deh. Oh ya sebenernya yang bikin mood ini balik lagi itu gara-gara liat temen yang progress nya cepet, langsung tuh kebakar cemburu, :D akhirnya bisa susul menyusul dan selesai berbarengan. Ya sebenernya kalo menurutku ngegarap skripsi itu tantangannya ya cuma satu, diri kamu sendiri. Soalnya skripsi tu gak susah, sama sekali gak susah, jauh jauh jauuuuuuhhhh lebih susah ngerjain 3 soal fisika statistic atau 5 soal fisika modern dalam waktu 1 jam. Aseli yang kamu butuhkan saat ngegarap skirpsi sebenernya hanyalah kemauan, pengendalian emosi dan mood, otak?? Yaaa paling 20 persen deh dipakenya, makanya gak semua orang pintar dg ipk tinggi bisa lulus tepat waktu. Menurutku lagi nih yahhh, kalo mau tau gimana kepribadian seseorang perhatikan saat ia menggarap skripsi, bener deh :D (pendapatku doang ini mah yahhh, pisss  ah ^o^v ).

Trus intinya apa sih dari curhatan gak penting ini?
Ya intinya adalah tak semua hal yang kita inginkan, bisa tercapai, contohnya pengen jadi dokter/psikolog nya, trus yang kedua, tak semua yang terlihat menyeramkan itu menyeramkan, karena bisa jadi itu hanya spekulasi otakmu yang menset demikian, contohnya pas ngadepin kenyataan kuliah di jurusan yang gak sesuai dan menyeramkan padahal ketika dijalani everything’s ok, yang ketiga walaupun banyak ahli mengatakan bahwa pelajarilah apa yang kamu suka, kerjakan apa yang kamu suka maka kamu akan sukses, pendapat ini gak mutlak benar, karena apa? Karena menurutku “suka” itu bisa kita ciptakan, dan tentu saja hidup lo kan bukan lo yang atur, ada Tuhan yang lebih tau mana yang terbaik buat lo, jadi kalo takdir Tuhan (yang 98% gak mungkin lagi lo rubah) mengharuskan kamu mengahadapi apa yang gak kamu suka, ya hadapi lah karena sekali lagi menurut ku “suka” itu bisa diciptakan. Trus yang keempat  dengan kerja keras yang ikhlas, apapun akan bisa kita taklukkan, dan teman itu ikut menentukan, kenapa? Ya percaya gak percaya, suka gak suka, sadar gak sadar kamu hari ini bagaimanpun keadaannya ada peran teman yang menjadi penyebabnya. So kalo menurutku bukan cari teman yang baik, tapi jadilah teman yang baik karena segala sesuatu muncul dan tercipta dari diri kamu sendiri, kamu akan dapatkan apa yang kamu sudah berikan. 

Dan terakhir hal yang gak semua orang paham adalah, kuliah itu bukan sekedar kamu sekolah atau kamu belajar suatu keahlian, kuliah adalah jenjang terakhir sebelum kamu cukup umur dan siap berbuah, dan untuk mampu berbuah gak cukup kamu dikasih nutrisi cukup kemudian langsung berbuah, karena nutrisi (dalam hal ini adalah materi perkuliahan) akan kalah dengan hama, cuaca, penyakit yang pasti akan menyerang, apa itu hama, cuaca, dan penyakit? Itu adalah factor luar yang menyerang kamu, ini bisa saja lingkungan buruk, teman yang tidak baik, ke-hedon-isan, budaya jahat, dll yang ini semua akan menyerang kita ketika kita siap untuk berbuah, dan ini hanya bisa kita lawan dengan vaksin, dalam dunia nyata apa vaksin nya? Versi gue vaksin adalah kematangan emosional dan spiritual kita nah ini gak akan lo dapetin dari perkuliahan, untuk bisa dapetin ini lo wajib ikut organisasi atau komunitas positif pas kuliah

sooo ? buat yg sekarang lagi kuliah, lagi pusing-pusingnya sama tugas lagi galau-galaunya nyari jati diri, just enjoy your process !! 

>_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar