senyum

senyum
senyuuuuuum - - - iya kamuuu - - - senyuuuuuum

Sabtu, 03 Desember 2016

Masih suci???

Katanya dan benarnya juga :) kita bisa masuk syurga dengan amalan unggulan kita.
Apasih amal unggulan?
Amal unggulan itu amal yg rutin kita lakukan dan menjadi kebiasaan baik yg gak semua orang lakuin itu.
Nah karena hari ini abis baca kandungan hadits no 23 al wafi, biar ga lupa maka harus dishare.
Tau gak apa amal unggulan seorang budak hitam Bilal bin Rabah sampe2 saat Isra Mi'raj Rasul mendengar bunyi terompah alias sendal bilal sedang berjalan di syurga.
Ternyata amalan unggulannya ini terkesan sederhana tapi gak semua orang bisa lakuin kayak Bilal.
Apa?
Menjaga wudhu dan shalat sunnah setelahnya.
Seperti ringan, "menjaga wudhu" tapi menembus surga.
Maa Syaa Allah
Yaps kita coba bahas soal wudhu yang ada dalam bab Thaharah alias bersuci.
Tau gak perintah dan tata cara wudu ada di Qur'an surat apa?
Lupaaa hihi, waah jangan2 tata cara wudu nya ngarang nihhh :D
Ini ada di QS Al Maidah ayat 6
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kalian hendak menger­jakan salat, maka basuhlah muka kalian dan tangan kalian sam­pai dengan siku, dan sapulah kepala kalian dan (basuh) kaki ka­lian sampai dengan kedua mata kaki; dan jika kalian junub, ma­ka mandilah; dan jika kalian sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempu­an, lalu kalian tidak memperoleh air, maka bertayamumlah de­ngan tanah yang baik (bersih);sapulah muka kalian dan tangan kalian dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kalian, tetapi Dia hendak membersihkan kalian dan menyempurnakan nikmat-Nya bagi kalian, supaya kalian bersyukur."
Lengkap, tata cara wudhu, perintah mandi saat junub, sampai bab tayamum. Di ujung ayat ada kalimat ..., supaya kalian bersyukur.
Hmm ternyata bersuci itu salah satu wujud syukur :)
Kenapa sih kita harus bersuci alias Thaharah???
Sering denger kan kalimat "kebersihan sebagian dari iman"  dan ternyata yapsss ini benar.
1) Sebenernya kalimat utuhnya adalah "Thaharah adalah sebagian dari iman". Thaharah di sini bukan sekedar bersuci secara fisik/lahir dengan wudhu atau mandi, tapi ia juga bermaksud tentang menyucikan diri secara ruh/hati/batin. Jadi yg musti bersih dan suci itu bukan cuma badannya tapi hatinya juga. Maka cocoklah kalimat di awal tadi, Thaharah adalah sebagian dr iman.
_Suci lahir dan batin adalah sebagian dari iman_
2) Thaharah adalah setengah dari solat.
Yapsss mana ada solat kalo gak wudhu dulu. Mana sah solar kalo wudhunya gak sah. Mana diterima solatnya kalo wudhunya juga ga diterima.
Jadi kalo wudhu nda boleh asal -asalan :)
3) Wudhu merupakan kunci surga.
Sadar gak, doa sehabis wudhu itu mengandung kalimat apa?
Diriwayatkan dari Umar bin al-Khaththab Radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
مَنْ تَوَضَّأَ، فَقَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ، يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ.
‘Barangsiapa yang berwudhu lalu mengucapkan, ‘Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu‘ (aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan RasulNya), dibukakan untuknya pintu-pintu surga yang delapan, dan dia dapat masuk dari pintu manapun yang diinginkannya‘.” Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahihnya. ((2 – Thaharah, 6 – Dzikir yang dianjurkan setelah wudhu, 1/209/234).Kitab ath-Thaharah, Bab adz-Dzikr al-Mustahab Aqiba al-Wudhu’, 1/209, no. 234, pent.)
Hadits ini diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dengan tambahan,
اَللّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ.
Allahummaj ‘alni minat tawwabiina waj’alni minal mutathahhiriin” (Ya Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang menyucikan diri). (Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, Kitab ath-Thaharah, Bab Ma Yuqalu Inda al-Wudhu’, 1/77, no. 55). Tambahan ini berderajat hasan li ghoirihi
Mantappp baca doa setelah wudhu maka jaminannya dapetin surga dan boleh masuk bebas dr pintu mana saja. Kok bisa?? Doa abis wudhu doang???
Iya dong, doa abis wudhu itu punya makna yang dalem. Kalimat apa coba? Yap, syahadat. Berat banget ini aplikasinya.
Dipikir-pikir Allah sering banget secara ga langsung nyuruh kita bersyahadat berulang2. Wudhu doanya ada syahadat, dalam solat juga ada syahadat. Artinya apa???
Artinya Allah mau kita sadar lagi soal siapa Rabb kita, siapa yg berhak dapat penghambaan dr kita, siapa yg seharusnya ada dlm tahta tertinggi di hati kita.
Asyhadu allaa ilaha illallah
Tiada Tuhan selain Allah. . .
4) Wudhu merupakan cermin keimanan.
Cermin, artinya memantulkan.
Wudhu itu pemantulan dari iman. Orang yg beriman akan sering shalat, maka ia akan sering berwudhu. Orang yg beriman adalah orang2 yg suci, baik lahir maupun batinnya.
Katanya....Hmm benernya juga sih.
Di yaumil akhir nanti, mengapa Rasulullah bisa mengenali mana umatnya dan mana yg bukan? Katanya dan benernya wudhu inilah yg menjadi tandanya. Yaps kita dikenali karena air wudhu kita nanti akan menjadikan wajah kita bercahaya dan berbeda dr umat yg lain... Maa Syaa Allah :)
Semoga kita termasuk ya, aamiin
5) Thaharah adalah amanah. Bersuci adalah amanah. Amanah artinya sesuatu yg harus kita jaga dengan baik.
Sadar gak? Wudhu atau mandi itu cuma kita yg tau kapan harus melakukannya. Atau kalimat lainnya. Cuma kita dan Allah yg tau apakah wudhu kita batal, apakah kita harus berwudhu atau mandi? Thaharah adalah amanah, cuma kita yang tau haid kita udah beres atau belum, guru ngaji kita gak akan tau kalo kita bohong cari alasan untuk kabur dr jadwal :D
Dan yang terakhir . . .
6) Wudhu itu membersihkan hati. Makanya kalo lagi marah Rasulullah nyuruh kita wudhu :) Makanya kalo kita sakit salah satu ikhtiar awalnya kita jg disuruh wudhu :)
Jadiiiii apa kamu masih punya wudhu???











Alhamdulillah 20.05
Semoga kita termasuk orang2 yang istiqomah menjaga wudhu ya :)
#Day3
#30DWC
#30DaysWritingChallange 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar