senyum

senyum
senyuuuuuum - - - iya kamuuu - - - senyuuuuuum

Senin, 05 Desember 2016

Yunus dan Hud yang menenangkan

Alhamdulillah, suka takjub sama skenario Allah, hmm gak ada satupun hal yang kebetulan dalam hidup semua saling terkait. Kenapa tiba2 tidak bisa tilawah, kenapa jadi harus baca tarjamah, kenapa kebagian pada juz dan surat yang itu, dan kenapa pas lagi ikut #30DWC yg artinya ini jd greget pengen ditulis, dan hmm kenapa juga kamu tiba2 pengen baca tulisan ini.
Gak ada yang kebetulan.
Entah kenapa aku ngefans sama surat al anfal, surat yg menggebu2 soal jihad, dan abis surat itu adalah dia surat At Taubah, surat yg gak boleh dimulai dg bacaan bismillah karena isinya tentang kemurkaan Allah kpd org2 kafir di masa Rasulullah. Surat yg bikin gemetar ngerasain banget marahnya Allah dan kecewanya Allah sama makhluk yg IA ciptakan. Surat yg  juga menceritakan betapa berat perjuangan dakwah Rasulullah meyakinkan org2 tentang sesuatu yg benar.
Abis At Taubah yg bikin gemetar, masuk ke Yunus yang hmmm bikin banyak merenung dan tafakur. Di surat ini Allah seperti ingin menguatkan Rasulullah.
QS Yunus :
12.Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu darinya, dia kembali (ke jalan yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Demikianlah dijadikan terasa indah bagi orang-orang yang melampaui batas apa yang mereka kerjakan.
Ayat 12 itu makjlebbbb banget. Kok rasanya aku banget gitu hiksss. Betapa manusia memang begitu, saat susah inget Allah, dan ketika kesusahan itu Allah angkat kemudian kita melupakan Allah seolah olah tak pernah terjadi sesuatu sebelumnya. Astagfirullah hiksss T_T.
Dan ayat 13 nya
13. Dan sungguh, Kami telah membinasakan umat-umat sebelum kamu, ketika mereka berbuat zalim, padahal para rasul mereka telah datang membawa keterangan-keterangan (yang nyata), tetapi mereka sama sekali tidak mau beriman. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat dosa.
Tambah deg-degan, Allah kayak pengen nunjukin ke kita dan pengen ngingetin ke kita kisah2 tentang umat2 dahulu yang juga bandel.
Di surat Yunus ini Allah kisahkan
1) kisah Nuh dimulai dr ayat 71-74 bersambung lagi ke surat Hud ayat 28-48
2) kisah Musa ayat 75 - 93 bersambung lagi ke surat Hud ayat 96 - 99
3) kisah Yunus pada ayat 98
Dan  . . .
Ayat 99 nya:
“Dan jikalau Rabbmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Tetapi apakah kamu (hendak) MEMAKSA manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya."
Ketika dihadapkan pada pertanyaan, kenapa sih Allah menciptakan manusia yang tidak iman???  Atau kalau lagi gemesnya, Apa Allah gak bisa jadiin Palestine menang, Kenapa Allah biarkan Ah*k jadi gubernur? Apa Allah gak bisa memenangkan umat ini? Apa Allah gak pengen islam itu berjaya dan semua manusia di bumi hidup aman dan sejahtera dalam naungan islam??
Kemudian terjawab, kata Allah dalam ayat ini, mudah saja menjadikan semua orang di bumi ini beriman. Tapi justru Allah membiarkan mereka memilih untuk iman atau tidak. Allah tidak memaksa kita untuk taat padaNya. Allah gak mau jadi Rabb yang semena-mena. Allah ingin makhluk yg diciptakanNya, yang diberiNya rizki, yang selalu diurusNya, yang selalu didengar doanya, yang selalu diawasiNya, agar beriman dengan kesadaran penuh dari dirinya sendiri.
Allah ingin lihat usaha kita untuk tetap bertahan dalam keimanan, Allah bukan tak tahu apa yg kita rasakan, Allah bukan tak paham lelahnya kita menghadapi ujian.
Allah hanya ingin melihat.
Allah ingin doa-doa panjang kita di ujung2 malam sebelum Allah kabulkan. Allah suka dengan rintihan2 kita memohon padaNya, Allah senang pada ikhtiar2 kita mendekatiNya, Allah mencintai air mata yg jatuh karena khawatir pada dosa.
Allah melihat
Allah paham
Allah tau
Dan Allah suka itu. . .
Subhanallah,
Maha Suci Allah
Faghfirlana faghfirlana faghfirlana ya Rabb T_T
Maka di surat Hud ayat 12 Allah berkata kepada Rasulullah, Allah paham apa yg dirasakan Rasulullah mengenai betapa sulitnya menjadi seorang penghantar hidayah.
"Maka boleh jadi kamu hendak meninggalkan sebahagian dari apa yang diwahyukan kepadamu dan dadamu sempit karenanya, karena khawatir bahwa mereka akan mengatakan: "Mengapa tidak diturunkan kepadanya perbendaharaan (kekayaan) atau datang bersama-sama dengan dia seorang malaikat?" Sesungguhnya kamu hanyalah seorang pemberi peringatan dan Allah Pemelihara segala sesuatu."
Kemudian Allah seperti hendak menguatkan Rasulullah dalam berdakwah, kelanjutan surat Hud dikisahkan kembali tentang Rasul-Rasul terdahulu yg sama2 mendapat ujian dalam dakwahnya
Ada
4) kisah Hud dengan kaum Ad nya pada ayat 50-60
5) kisah Salih dengan kaum tsamudnya  pada ayat 61-68
6) kisah Luth dengan kaum sodomnya pada ayat 74-83
7) kisah Syu'aib dengan kaum Madyannya pada ayat 84-95
"Itu adalah sebagian dari berita-berita negeri (yang telah dibinasakan) yang Kami ceritakan kepadamu (Muhammad); di antara negeri-negeri itu ada yang masih kedapatan bekas-bekas­nya dan ada (pula) yang telah musnah."
"Dan Kami tidaklah meng­aniaya mereka, tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. Karena itu, tiadalah bermanfaat sedikit pun kepada mereka sembahan-sembahan yang mereka seru selain Allah, di waktu azab Tuhanmu datang. Dan sembahan-sembahan itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali kebinasaan belaka."
Qs Hud 100-101
"Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedangkan penduduk­nya orang-orang yang berbuat kebaikan."
Qs Hud 117
Subhanallah T_T
Ya Rabb janganlah Engkau sesatkan kami setelah Engkau beri kami petunjuk.
Ya Rabb beri kami kekuatan dan kesabaran agar istiqomah dalam keimanan 
Ya Rabb jadikanlah akhir hidup kami adalah akhir yang baik, yang terbaik dari semua episodenya
Aamiin
Allahuma Aamiin






Alhamdulillah 10.53
Mengawasi anak-anak UAS Matematika. "Gak bisa jawab gak pp asal sudah usaha dan berdoa, kalau gak bisa jawab karena gak usaha dan gak berdoa itu baru dosa"
#Harike5
#30DWC
#30DaysWritingChallenge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar